Senin, 23 Juli 2012

Mencoba OS Ubuntu

Banyak orang tidak ingin beralih dari sesuatu yang sudah sangat melekat pada dirinya. Dengan kata lain, tidak ingin membuang atau mencoba yang lain karena sudah biasa dengan yang lama. Ini adalah tindakan orang yang tidak ingin menanggung resiko apapun. Bahasa kerennya sih "zona nyaman".

Dalam hal memilih OS (operating system), banyak orang juga lebih memilih windows. OS ini berbayar alias tidak gratis, sehingga bajakannya juga sangat merajalela. Padahal ada OS yang lain (bahkan banyak sekali) yang gratis. Salah satu OS yang gratis dan sangat bermutu adalah Ubuntu (Linux).





Setelah mencoba OS Linux (hehe dulu juga pernah coba sekali, tapi akhirnya ga' lanjut). Penulis kemudian membandingkannya dengan OS Windows. Ternyata ada beberapa fakta yang ditemukan penulis mengenai kelebihan OS Linux (hehe ini yang aku temukan, menurut versiku sendiri), yaitu:
  1. Booting lebih cepat, begitu juga dengan Shut Down.
  2. Kecepatan Browser sangat jauh dibandingkan dengan Windows. Jadi untuk kepentingan browsing (OL - Online), sangat disarankan untuk menggunakan Ubuntu.
  3. Aplikasinya sangat beragam (cukup klik Ubuntu Software Center) dan memilih aplikasi yang akan didownload.
  4. Tampilan Ubuntu sudah sangat interaktif alias mudah untuk digunakan.
  5. Yang paling utama adalah OS ini dapat disebarluaskan alias di copas tanpa ada larangan, tidak seperti OS Windows yang berbayar. Jadi tidak perlu kuatir disebut sebagai "maling" karena menggunakan OS bajakan.
  6. OS Ubuntu lebih ringan digunakan dibanding Windows.

So..tunggu apa lagi, bagi teman2 yang belum pernah mencoba OS ini. Monggo silahkan di unduh saja di internet. Hehehe..

Catatan: Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menghina atau merendahkan OS Windows atau OS berbayar lainnya, melainkan hanya untuk menyampaikan pengalaman penulis tentang Ubuntu. Jika ada pihak2 yang tidak setuju atau tidak senang dengan tulisan ini, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar